Akankah sekolah kita menjadi seperti ini?

20 May 2009

pict00022

Mengelola lembaga pendidkan semacam SMK MUHAMMADIYAH I PLAYEN perlu berbagai setrategi dan tekad yang kuat.Persaingan anatara lembaga pendidikan semakin ketat, sekolah baru khususnya SMK semakin banyak,fasilitas sekolah baru juga semakin lengkap.

Lembaga pendidikan swasta ,yang sebagian aset maupun dana operasionalnya hampir sebagian besar dari wali murid tentu sangat berat sekali memenuhi seluruh kebutuhannya. S udah banyak sekolah yang gulung tikar karena tidak ada siswa yang menda ftar atau jumlah yang mendaftar tidak seimbang dengan biaya operasionalnya sehingga sekolah tersebut ditutup. Gedung sekolahpun yang tadinya megah kemudian kusam ,ditumbuhi rumput, akhirnya menjadi gedung yang menakutkan karena tidak terjamah oleh manusia. Berapa kerugian investasi bila sampai sekolah tersebut tutup? Amat besar sekali.

Penyebab bangkrutnya suatau lembaga pendidikan yang kedua adalah daya juang pengelolanya baik guru maupun karyawan rendah.Kena apa rendah ? Gaji yang mereka terima rendah .Mengapa gaji rendah ? Uang masuk dari wali murid juga rendah.Akibatnya semangat kerjapun menjadi menurun. Bila semangat kerja menurun maka otomatis kualitas sekolah pun akan menjadi rendah dan berimbas lagi pada penerimaan siswa baru menjadi berkurang ataupun siswa yang masuk dibawah standart secara kualitas.

Bila mengelola lembaga pendidikan hanya semata-mata mencari penghasilan yang berujud rupiah maka yang akan didapatkan adalah rasa kecewa dan sekaligus lembaga pendidikannyapun rawan terhadap kebangkrutan.Bila mengelola Lembaga Pendidikan diniatkan untuk mendidik anak bangsa agar berakhlaq, dan meningkat kualitasnya dan orientasi akhirnya adalah agar para lulusannya menjadi jurudakwah-jurudakwah penegak agama maka Insya Alloh lembaga pendidikan tersebut tidak akan bangkrut.Mengapa tidak akan bangkrut? Karena lembaga pendidikan ini akan mempunyai becking Zat Yang Maha Kuat yaitu ” ALLOH SWT”

Dalam Al-Qur’an surat Muhammad ayat 7 disebutkan : Hai orang-orang yang berIman, bila engkau menolong agama Alloh maka Alloh akan menolongmu dan akan menguatkan kedudukanmu.

Janji Alloh pasti benar dan pasti ditepati tidak mungkin di ingkari.Mari para pengelola lembaga pendidikan niatkan seluruh aktifitas kita dalam mengelola nya untuk menolong Agama Alloh ,maka Insya Alloh lembaga kita akan tetap eksis dan tidak akan bangkrut.Semoga Alloh SWT memberi kekuatan kepada kita Amien.

Gambar di samping ini adalah salah satu gedung sekolah yang tadinya megah tapi sekarang tinggal puing-puing menjdi gedung yang menakutkan dimalam hari karena ditinggalkan oleh penghuninya.

128. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
( QS. Al Baqarah 2:128 )

smk_bina_karya1


TAGS


-

Author

Follow Me